Custom Search

Monday, August 23, 2010

Tester Dioa Zener

Sering kali kita kesulitan membaca berapakah sebenarnya tegangan operasi yang ditentukan oleh dioda zener, Hal ini disebabkan karena komponen elektronika zener bentuk fisiknya sangat kecil dan tulisan yang menempel pada zener sangat mudah hilang.

Pengalaman saya, sebelum menggunakan rangkaian ini, saya mengandalkan kaca pembesar, jika tulisannya tidak hilang pasti akan tahu berapa tegangan operasinya, Tetapi jika tulisannya hilang maka terkadang zener tersebut saya korbankan untuk dibuang,dengan alasan harganya tidak terlalu mahal. tetapi kalau malas ketoko biasanya saya mencoba dengan memberi input catu daya dan diukur dengan voltmeter. yang terkadang hasilny tidak valid.
Saya mencoba merakit rangkaian dibawah ini dan hasilnya, saya merasa sdh tidak kesulitan lagi, dengan hanya sekali lirik maka saya sdh tahu tegangan operasi zener tersebut.
Skema rangkaian :
test dioda
Daftar komponen :
  1. Q1=2N5363
  2. D1=1N4002
  3. C1=470uF 50V
  4. S1=ON/OFF
  5. T1=220Vac//12Vac 300mA
  6. DZ=Diode Zener
  7. D.V.M=Digital Volt Meter
Keteranagan :
  1. J1 ( 1,2 ) = konektor dioda yang akan diuji
  2. J2 (1,2 ) = konektor Volt meter digital

No comments:

Post a Comment

saran dan coment teman teman sangat membantu pertumbuhan blog ini,terimakasih

My Headlines

Laman