Custom Search

Friday, February 25, 2011

Membuat Adaptor AC/DC dari Power Supply PC

Hehehehe Oke, sekarang bagaimana caranya biar ini power supply bisa jalan layaknya adaptor dipasaran. Langsung deh dengan bantuan om gugle, ketemu tentang tata cara modifikasinya, cuman dalam foto tersebut yang dipake power supply ATX .

 Persiapan
  1. Silahkan beli dulu resistor 330 ohm (1 buah), LED (1 buah), DC-ON Switch (1 buah), Power Resistor (10 ohm > 10 watt) (1 buah), terminal + jack-nya juga (tergantung kebutuhan saya kemaren beli 4 buah), jaga-jaga beli juga jepit buaya, kabel kecil, oiya biar aman beli juga papan pcb (kecil aja, kalo ada sisa-sisa bekas dulu, pake sisa-sisa aja) cukup kok. Oiya total semuanya saya beli kemaren ndak nyampe 20rebu, hehehehehe
  2. Solder + timahnya, sekalian juga siapin penyedotnya
  3. Tang buat motong + menguliti kabel
  4. Multitester (biar afdol)
  5. Bor (kalo ada buat ngelubangi box power supply biar terminalnya nyantol disono)
  6. Hmmm apalagi yaa??? ntar kalo ada tambahan saya update lagi...
Tahap modifikasi
  1. Potong semua colokan yang nyangkut di kabel-kabel power supply (kan banyak tuh jack-jack-nya yang buat ke mother board, hardisk, dll) potong aja semua.
  2. Oke sekarang perhatikan kabelnya... Ada warna apa aja disana? Kalo punya saya, kuning, merah, orange, biru, putih, hitam, hijau, abu-abu, dan ungu.
  3. Setelah diliat-liat kabelnya, sekarang ntu kabel di sortir berdasarkan warnanya (entah mau diikat, diplester, atau diapain terserah) yang penting semua kabel udah dipisah-pisah berdasarkan warna.
  4. Ambil sepotong kecil papan PCB tadi, terus silahkan pasang resistor 330 ohm tadi disana, naah ujung resistor tadi disambungkan dengan salah satu kabel hitam (ambil aja 1 kabel hitam, jangan semuanya), terus ujung resistor satunya tadi disambungkan dengan katode LED (yang kakinya lebih pendek). Ujung LED satunya (anode = yang kakinya lebih panjang) silahkan disambungkan dengan kabel warna abu-abu.
  5. Setelah selesai langkah 4, silahkan ambil lagi salah satu kabel hitam, terus dipasangkan di salah satu power resistor, terus ujung satunya power resistor tadi disambungkan lagi ke salah satu kabel warna merah.
  6. Sekarang pasang DC-ON Switch tadi, sebaiknya jangan dipasang di PCB (di dokumentasi saya, ntu salah, hehehehe sebaiknya pasang di box power supply aja berdampingan dengan terminal). Nah ntu kan ada 3 colokan yaa, pasang aja yang item di kiri atau kanan, yang ditengah silahkan dihubungkan dengan kabel warna hijau. Oiya sebaiknya jangan beli seperti punya saya atau seperti di refernsi ntu, pengalaman saya sih cepet rusak.
  7. Oke sekarang silahkan pasang terminal di box power supply tadi, disusun yang rapi yaa, gunakan bor aja (kebetulan dalam foto dokumentasi yang saya buat terminal belum saya pasang, soalnya dirumah gak ada bor). Kalo sudah terpasang, yaa sudah silahkan hubungkan semua kabel yang sama warna dengan salah satu terminal (sama warna itu, sama juga voltase-nya). Biasanya ada keterangan kok di power supply-nya. Ditempat saya kuning=+12V, Merah=+5V, Putih=-5V, biru=-12V, Hitam=0V.
  8. Apalagi yaa??? Hmmm kalo dah beres coba deh tes dolo, kalo LED-nya nyala berarti dah oke tuh. Atau misalnya kipasnya nyala tapi LED-nya gak nyala berarti mungkin LED-nya putus, silahkan dicek-cek lagi, bisa juga solderannya kurang manthab. Hihihihihi
  9. Kalo dah mau nyala, silahken cek pake multitester, mau jalan atau ndak, kalo jalan berarti anda telah sukses.
Untuk gambar-gambar anda bisa mengunjungi link di atas sebagai referensi, saya juga pake link tersebut sebagai referensi. Alhamdulillah mau jalan kok. Berikut beberapa dokumentasi yang hasil kerja rodi saya dan anan.



No comments:

Post a Comment

saran dan coment teman teman sangat membantu pertumbuhan blog ini,terimakasih

My Headlines

Laman